Kehadiran new normal secara langsung tentunya menimbulkan banyak perubahan dalam hal peraturan pekerjaan dan pekaksanaan pelayanan yang dilaksanakan oleh karyawan bank. Adanya perubahan sistem ataupun inovasi baru lainnya dapat menjadi pemicu timbulnya konflik bila tidak dikomunikasikan dengan baik, Konflik tersebut dapat berupa konflik antara sesama karyawan maupun konflik antara karyawan dengan atasan. Berlatar belakang hal ini, tim dosen Universitas Bina Sarana Informatika, Jakarta yang diketuai oleh Nurlaela Eva Puji Lestari, dengan anggota Elmira Siska (Tutor), Lela Elvira, dan Siti Mabrur Rachmah mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema Sosialisasi Manajemen Konflik kepada Karyawan MNC Bank Kantor Cabang Bogor secara hybrid (luring dan daring) pada 8 September 2022.
Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang baik oleh Ibu Njimas S. Sumirah, S.E selaku Pimpinan Cabang MNC Bank KC Bogor. ”Ini adalah suatu topik yang sangat menarik dalam situasi new normal sekarang ini. Tentunya banyak perubahan-perubahan yang dilakukan oleh pihak manajemen terkait peraturan dan sistem kerja karyawan. Pencegahan dan penerapan manajemen penanganan konflik merupakan hal yang sangat strategis dan urgensi untuk terciptanya suasana kerja yang kondusif, sebut Njimas dalam acara sosialisasi tersebut.
Dalam penyampaian materi, Elmira Siska menyatakan bahwa sosialisasi manajemen konflik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman secara komprehensif baik dalam penguasaan materi secara konseptual dan teknik analisis penanganan konflik melalui sistem komunikasi dan strategi-strategi penanganan konflik seperti accommodating, avoiding, collaborating, competeting, conglomerating, dan kompromi. Sehingga peserta sosialisasi dapat mengindentifikasi, mengelola dan menyelesaikan dengan baik apabila munculnya suatu konflik.
Acara berlangsung dengan lancar dari awal hingga penghujung acara. Beberapa mahasiswa juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, diantaranya, Dini Yulistiani, Enisa Winda Utama, dan Melisa Oktavia Putri. Elmira pun berharap sosialisasi ini dapat meningkatkan wawasan/pengetahuan, keterampilan/keahlian karyawan MNC Bank Cabang Bogor dalam mengidentifikasi dan mengendalikan konflik yang terjadi.