Implementasi Virtual Exhibiton Berbasis 3D Sebagai Platform Pameran Online

Penulis

  • Eriya Eriya Politeknik Negeri Jakarta
  • Dwy Adyaksa Politeknik Negeri Jakarta
  • Fitria Nugrahani Politeknik Negeri Jakarta

Abstrak

Perkembangan teknologi industri yang begitu pesat merubah kehidupan masyarakat untuk beralih ke transformasi digital, dan pandemi COVID-19 telah mempercepat perubahan budaya digital di masyarakat, sehingga aktivitas sehari-hari sangat tergantung pada teknologi informasi. Pandemi COVID-19 juga menjadi penanda penting dalam perubahan budaya dari yang konvensional menjadi digital. Hal ini juga berpengaruh pada penyelenggaran pameran berbasis teknologi informasi (IT) dengan mengembangkan digital exhibition atau disebut juga dengan virtual exhibition. Virtual exhibition adalah sebuah aplikasi untuk menyebarkan konten multimedia digital, dengan tujuan menyampaikan suatu gagasan/konsep dengan presentasi yang inovatif, dan memungkinkan interaksi pengguna dalam skala besar. Virtual Exhibition berbasis 3D memanfaatkan teknologi multimedia 3 dimensi dengan membuat objek 3D untuk memvisualisasikan produk dan untuk menciptakan lingkungan yang dapat mensimulasikan dunia nyata serta menciptakan interaksi. Lingkungan virtual adalah simulasi dimana pengunjung dapat berinteraksi, dan merasakannya secara immersive dan realistis, sehingga pengunjung merasakan berada di dalam dunia tersebut. Penelitian ini mengusulkan aplikasi virtual exhibition berbasis 3D sebagai platform pameran online untuk TIK expo pada jurusan TIK Politeknik Negeri Jakarta. Aplikasi dikembangkan dengan metode Multimedia Development Life Cyle (MDLC). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa  aplikasi virtual exhibition berbasis 3D dapat menjadi inovasi baru dalam penyelenggaraan pameran secara online. Lingkungan virtual yang berbasis 3D memberikan pengalama baru bagi pengunjung dalam mellihat hasil-hasil karya yang dipamerkan secara virtual. Pengunjung dapat bergerak dan beinteraksi dengan bebas untuk melihat setiap produk yang dipamerkan dalam ruang pameran

Referensi

Ayu, Ieke Wulan, Z Zulkarnaen, and Syarif Fitriyanto. 2022. “Budaya Digital Dalam Transformasi Digital Menghadapi Era Society 5.0.” Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal 5 (1): 20–25. https://doi.org/10.58406/jpml.v5i1.922.

DUMITRESCU, Gabriela, Cornel LEPADATU, and Cristian CIUREA. 2014. “Creating Virtual Exhibitions for Educational and

Cultural Development.” Informatica Economica 18 (1/2014): 102–10. https://doi.org/10.12948/issn14531305/18.1.2014.09.

Hanafi, M Irfan, Ronny Makhfuddin Akbar, and Yesy Diah Rosita. 2023. “DESAIN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI WEB

UNTUK PAMERAN KARYA” 2 (1).

Khairunnisa Adinda Dhiya Hasna, Indira, Heidy Bherti Kharoline, and Any Ariani Noor. 2021. “Inovasi Virtual Exhibition Masa

Depan.” Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia 3 (1): 28–34. https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4369.

Kunto, Imbar, Diana Ariani, Retno Widyaningrum, and Regita Syahyani. 2021. “Ragam Storyboard Untuk Produksi Media

Pembelajaran.” Jurnal Pembelajaran Inovatif 4 (1): 108–20. https://doi.org/10.21009/jpi.041.14.

Loaiza Carvajal, Daniel Alejandro, María Mercedes Morita, and Gabriel Mario Bilmes. 2020. “Virtual Museums. Captured Reality

and 3D Modeling.” Journal of Cultural Heritage 45: 234–39. https://doi.org/10.1016/j.culher.2020.04.013.

Nasir, Nayla. 2021. “Acceptance Testing in Agile Software Development Perspectives from Research and Practice.” www.bth.se/dipt.

Noverda Putra, Genta, Yoni Sudiani, Eva Yanti, and Fakultas Seni Rupa dan Desain. 2022. “Ruang Pamer Digital Dalam Media Virtual

Reality Sebagai Upaya Menyediakan Ruang Pameran Interaktif Desain Komunikasi Visual.” Jurnal VCode 2 (1): 54–75.

Phillip A. Laplante, Mohamad Kassab. 2022. Requirements Engineering for Software and Systems. 4th Edition. New York.

Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. McGraw-Hill. Vol. 9781118592.

https://doi.org/10.1002/9781118830208.

Putranto, H A, L Perdanasari, and M H Firmansyah. 2022. “Rancang Bangun Virtual Exhibition Berbasis 2D Animation Sebagai Solusi

Platform Pameran Online Di Masa Covid-19.” Technopex 2022, 522–28.

https://sipora.polije.ac.id/20055/%0Ahttps://sipora.polije.ac.id/20055/1/RANCANG BANGUN VIRTUAL EXHIBITION

BERBASIS 2D ANIMATION SEBAGAI SOLUSI PLATFORM PAMERAN ONLINE DI MASA COVID-19.pdf.

Septian, Deris, Yenni Fatman, Siti Nur, Universitas Islam, and Nusantara Bandung. 2021. “Implementasi Mdlc (Multimedia

Development Life Cycle) Dalam Pembuatan Multimedia Pembelajaran Kitab Safinah Sunda.” Jurnal Computech & Bisnis 15

(1): 15–24.

Diterbitkan

2023-12-25