Analisis Penggunaan Media Sosial Terhadap Brand Awereness Dan Citra Positif PT. Telkom
Keywords:
Deskriptif Kualitatif; Brand awereness; Citra Positif; Media Sosial; PT TelkomAbstract
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan dan memahami penggunaan media sosial yang dilakukan PT Telkom Indonesia dalam upaya membangun brand awareness yang kuat di kalangan konsumen dan menciptakan citra positif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan kuesioner. Pertanyaan utama dari penelitian ini adalah bagaimana PT Telkom Indonesia menggunakan media sosial sebagai alat strategis untuk membangun kesadaran merek yang kuat dan citra positif di kalangan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dan komprehensif tentang praktik penggunaan media sosial PT Telkom Indonesia dalam hal kesadaran merek dan citra positif. Analisis menunjukkan bahwa PT Telkom Indonesia berhasil mencapai tingkat interaksi yang tinggi dengan konsumen melalui media sosial, dengan mayoritas responden melihat dan berinteraksi dengan kontennya. Konten media sosial PT Telkom Indonesia secara umum juga meninggalkan kesan positif, meski kesan positif sebagian responden masih bisa ditingkatkan. Selain itu, perusahaan dinilai berhasil menampilkan informasi produk telekomunikasi terkini yang relevan, yang mencerminkan keberhasilannya dalam memberikan informasi bermanfaat kepada pelanggan melalui media sosial. Data juga menunjukkan bahwa mayoritas konsumen aktif berinteraksi dengan media sosial PT Telkom Indonesia, meskipun ada kemungkinan peningkatan interaksi dengan sebagian konsumen lainnya. Selain itu, hasil temuan menunjukkan bahwa brand awereness meningkat secara signifikan ketika konsumen mengikuti akun media sosial PT Telkom.
References
Adhanisa, C. (2017). Efektivitas Websitedan instagram sebagai sarana PromosiKawasan Wisata Berbasis Masyarakat.
Ardhi, B. M. (2018). Epic Model dan Direct Rating Method : Efektivitas Iklan Media Sosial . Komunikasi .
Ardiansyah. (2013). LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk DIVISI REGIONAL (DIVRE) III JAWA BARAT . Laporan PKL.
De Vries, L. K., Gensler, S., & Leeflang, P. S.H. (2012). Popularity of Brand Posts on
Drucker, P. F. (1993). The Essential Drucker. HarperCollins
E, G. (2020). Media Promosi Produk UMKM dengan menggunakan EPIC Model.Brand Fan Pages: An Investigation of the Effects of Social Media Marketing. Journal of Interactive Marketing, 26(2), 83–91.
Fadhilah, Fadhilah; Saputra, Galih Ginanjar. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen, , 17(3): 505-512.
Kurata, J. A. (2020). Perancangan Promosi Tukang Sayoer Online Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Nawala Visual, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v2i2. 80
Lubis, M. I., & Syarvina, W. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Channel dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Citra PT. Telkom Indonesia (PERSERO) TBK Kandatel Padang Sidempuan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3195–3209.
Maulana, I., Merseyside, J., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28–34.
Nurivananda, S. M., & Fitriyah, Z. (2023). Social Media Application Tiktok ( Study On Generation Z Consumers @ Scarlett _ Whitening In Surabaya ) Pengaruh Content Marketing Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Media Sosial Tiktok ( Studi Pada Konsumen Generasi Z @ Scarlett. 4(4), 3664–3671.
Oisina, Ilona Vicenovie. (2021). Pengaruh Daya Tarik Content Marketing dan Content Riview terhadap Keputusan Pembelian. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4.2: 265-276
Oktaviani, W. F. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA UMBUL PONGGOK, KABUPATEN KLATEN. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 15.
Hariyanto, R. C., & Wijaya, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Brand Awareness terhadap Purchase Decision. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1), 198. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i1.17192
Pienrasmi, H., & Nur, F. A. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Membangun Brand Awereness Pada Indsutri Fashion Brannd Denim Lokal Di Bandar Lampung. Mediakom?: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 104–112. https://doi.org/10.35760/mkm.2021.v5i1.5028
Purwanto, Yunita; SAHETAPY, Wilma Laura. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10.1.
Repository.umy.ac.id. (2019). GAMBARAN TENTANG PROFIL PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk. UMY Repository, 53(9), 1689–1699.