Analisis Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan pada PT. Metro Artha Prakarsa

Authors

  • Imelda Febiola Pakpahan Politeknik Cendana, Medan
  • Ngajudin Nugroho Politeknik Cendana, Medan

Keywords:

Harga, Promosi, Volume Penjualan

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh harga dan promosi terhadap volume penjualan di PT Metro Artha Prakarsa. Metode penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif kuantitatif yang dikombinasikan dengan penelitian survei. Adapun jumlah populasi dan sampelnya berupa laporan triwulanan harga, biaya promosi dan volume penjualan 4 jenis obat yang dipasarkan oleh PT Metro Artha Prakarsa sebanyak 80 sampel dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil peelitian menyimpulkan bahwa secara parsial hanya variabel promosi yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan obat di PT Metro Artha Prakarsa, sedangkan variabel harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan obat di PT Metro Artha Prakarsa. Secara simultan, variabel harga dan promosi berpengaruh terhadap volume penjualan obat di PT Metro Artha Prakarsa. Dari hasil koefisien determinasi variabel volume penjualan dapat dijelaskan oleh variabel harga dan promosi sebesar sebesar 56,6% dan sisanya sebesar 43,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disebutkan pada penulisan tugas akhir ini.

References

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Rajagrafindo Persada.

Fauzi, Ahmad, D. (2022). Metodologi Penelitian. CV Pena Persada.

Fauzi, & Ahmad. (2022). Metodologi Penelitian. CV. Pena Persada.

Kurniawati, N. (2020). Pengaruh Digital Marketing , Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan , dan Harga terhadap Volume Penjualan UMKM di Kota Semarang Sales Volume in Semarang City. Prosiding Seminar Naisonal Unimus, 3, 1105–1114.

Melani, Aditia, & S.Pdi, H. D. S. (2021). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Motor Vespa Matic Di Dealer Cj Motor Pt Piagio Sukabumi. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 2(2), 159–176.

Murnawati, Erti, L., & Tasril. (2019). Pengaruh Harga Dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan Jelli Kelapa Pada Umkm Dekla Di Desa Salo Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(2).

Novitasari, D., Ekonomi, F., Nusantara, U., Kediri, P., Kh, J., Dahlan, A., Kediri, N., & Timur, J. (2021). Upaya Peningkatan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 melalui Optimalisasi Promosi , Harga , dan Saluran Distribusi pada Pusat Oleh- oleh Gudange Tahu Takwa. 55–63.

Pateda, S. Y., & Rokhayati, U. A. (2023). Pengaruh Harga Jual terhadap Volume Penjualan Sapi Potong ditingkat Pedagang Pengecer. 2(2), 104–110.

Purbaya, A. H., & Putra, M. (2019). Pengaruh Percieved Quality, Harga Dan Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Oldman.Co. Jurnal Mitra Manajemen, 3(11), 1038–1054. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i11.293

Putra, & Alamsyah, S. (2019). Analisa Peramalan Penjualan dan Promosi Penjualan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT Cakra Anugerah Arta Alumindo Medan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan 1.3.

Rasyid, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Teori, Metode, dan Praktek. IAIN Kediri Press.

Sonani, N. (2021). Jurnal Wacana Ekonomi Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan. Jurnal Wacana Ekonomi, 20(3), 154–160.

Sugiarto. (2022). Metode Penelitian Bisnis. CV. Andi Ofset.

Ulantika, M., & Elpanso, E. (2022). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Volume Penjualan pada PT . Sinar Niaga Sejahtera Abstrak. 7(2), 130–140.

Waruwu, K., Yunita, M., Yudhira, A., & Tampubolon, D. (2021). Pengaruh Harga Produk dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Batik Pada BT Batik Trusmi Medan. 9(2), 394–404.

Widiarto, T., & Hardiana, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk , Harga , dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan ARB Bakery di Kelurahan Sukmajaya. 175–189.

Widodo, M. S., Ekasari, R., & Ekonomi, F. (2021). Analisis Produk , Persepsi Harga , Promosi Cahaya Indah Taman Sidoarjo. 3(2), 327–336.

Wulandari, Nur, & Fuadi, S. (2021). Pengaruh Harga, Distribusi Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Motor Honda Beat. Jurnal Ilmu Manajemen Retail Universitas Muhammdiyah Sukabumi, 2(2), 79–85.

Published

2025-07-06