Analisis Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di Workshop A Keng Service Medan
Keywords:
Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini membahas tentang kualitas layanan dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada workshop a keng service medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas layanan dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Wokshop A Keng Service, Medan. Metode Pengumpulan Data menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Workshop A Keng Service, Medan. Penelitian ini akan diambil sampel 98 responden dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas (Kolmogorof Smirnov), (Uji Multikolonearitas), (Uji Heteroskedastisitas (Uji Glejser), Regresi linear berganda, Analisis Koefisien Determinasi (R2), Uji F, dan Uji Hipotesis (Uji-t) dengan menggunakan bantuan Software SPPS 25. Hasil penelitian ini menunjukan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan nilai pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Nilai koefisien determinasi menunjukkan variabel kualitas layanan dan nilai pelanggan mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 11,9% dan sisanya 88,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diuji dalam model penelitian iniReferences
Afni Soraya Sirait, M. (2021). Pengaruh Kompensasi Dan Keselamatan Dan Kesehatan kerja (K3) Terhadap Kepuasan kerja Karyawan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Antika, R., Arwin, A., Nugroho, N., & Hutabarat, F. M. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Teko Healthy Resto, Medan. Escaf, 763–772.
Chandra, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Cahaya Tiga Samudera, Medan. KORIS: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Industri, 1(01), 1–6.
Daengs, A., Istanti, E., & Kristiawati, I. (2022). Peran Timelimenes Dalam Meningkatkan Customer Satisfaction, Customer Loyalty Pt. Jne. Jurnal Baruna Horizon, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v5i1.71
Darmalaksana, W. (2020). Cara Menulis Proposal Penelitian. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati.
Diamontina, A., Yuliana, Y., & Susanto, S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online(studi kasus Mahasiswa Politeknik Cendana Medan Tahun Akademik 2020-2021). JEMBATAN?: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(1), 37–43. https://journal.beaninstitute.id/index.php/jembatan/article/view/23
Dianti, Y. (2017). ??No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Elvera & Astarina, Y. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: penerbit ANDI.
Evelin, K., Yuliana, Y., & Arwin, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Kakiku Cemara Asri. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SANISTEK) 2023, September, 43–48. https://prosiding.politeknikcendana.ac.id/index.php/sanistek/article/view/322
fatiyah Gea, N., & Arwin, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Nurul S Maju, Cabang Garu II. CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen, 5(3).
Felicia, F., Yuliana, Y., & Nugroho, N. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan di PT Cahaya Tiga Samudra. JEMBATAN?: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(1), 11–16. https://journal.beaninstitute.id/index.php/jembatan/article/view/16
Gunawan, R. C., Arwin, A., & Siahaan, R. F. B. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Merek pada Produk Smartphone Android Merek Vivo di Medan. Proceeding of LP3I National Conference of Vocational Business and Technology (LICOVBITECH), 184–198.
Heryana, A. (2020). Hipotesis Penelitian. Univeristas Esa Unggul.
Kusidy, E., Weny, W., & Yuliana, Y. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan di CV. Grand Grafika. INVESTASI: Inovasi Jurnal Ekonomi Dan Akuntansi, 2(1), 22–30.
Kusidy, E., Yuliana, Y., & Weny, W. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan di CV. Grand Grafika. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer Dan Sains, 1(1), 490–499. https://prosiding.seminars.id/prosainteks/article/view/152
Loindong, A. S. G., Tewal, B., & Sendow, G. M. (2023). Pengaruh Locus of Control dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Kantor SatPol-PP Kota Tomohon). Jurnal EMBA?: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 110–121. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51021
Martono, M., Arwin, A., Yuliana, Y., Lisa, L., & Hutabarat, F. A. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus pada Pengangkutan TS Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 411–415. http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/article/view/609
Meilywy, M., Arwin, A., & Lisa, L. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Fortunate Coffee Cemara Asri, Medan. Senashtek 2024, 2(1), 162–170.
Nafiudin, Andari, Kurnia, D., & Tia Safitri, A. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19. Sains Manajemen, 7(2), 155–167. https://doi.org/10.30656/sm.v7i2.4139
Purwanti, S. (2021). Pengaruh Sarana Belajar Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Ujungbatu. Tesis, 1–182.
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Sanjaya, F., Arwin, A., & Sutarno, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Bahan Kue Yen. JEMBATAN: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(1), 17–24. https://journal.beaninstitute.id/index.php/jembatan/article/view/17
Sehangunaung, G. A., Mandey, S. L., & Roring, F. (2023). Analisis Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Aplikasi Lazada Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 1–11.
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel?: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. 9, 2721–2731.
Sugiono. (2019). Bab iii metoda penelitian. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3, 1–9.
Suhartono, S., & Sari, A. C. (2023). Kemampuan Kualitas Audit Memoderasi Pengaruh Fraud Hexagon Terhadap Fraudulent Financial Statements. Jurnal Bina Akuntansi, 10(2), 732–757. https://doi.org/10.52859/jba.v10i2.435
Sujarweni, W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekomoni Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.
Wahyuddin, R., Sucipto, A., & Susanto, T. (2022). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Multiple Marker Pada Pengenalan Komponen Komputer. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 278–285. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i3.2034
Waruwu, M., Pu`at, S. N., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3057
Yusri, A. Z. dan D. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN Di SMA Swasta Darussa’Adah KEC. Pangkalan Susu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.