CSR dan Nilai Perusahaan: Sebuah Kajian Literatur Dibidang Akuntansi

Authors

  • Sheva Rajaby Eliya Trenggono Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Surabaya
  • Sri Trisnaningsih Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Surabaya

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Kajian Literatur

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian literatur yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara Corporate Social Responsibility (CSR) dan nilai perusahaan dalam konteks ilmu akuntansi. Permasalahan utama yang dikaji adalah bagaimana kontribusi CSR terhadap peningkatan nilai perusahaan di tengah meningkatnya kesadaran publik terhadap isu sosial lingkungan. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah telaah pustaka ( literature review ) terhadap sejumlah artikel ilmiah relevan yang dipublikasikan dalam kurun waktu tertentu. Kajian ini tidak dilakukan pada lokasi fisik terterntu dan tidak melibatkan responden secara langsung, karena berbasis pada data sekunder dari publikasi terdahulu. Analisis dilakukan dengan mengelompokkan hasil-hasil penelitian berdasarkan pendekatan, karakteristik perusahaan, serta metode pengukuran nilai perusahaan yang digunakan. Hasil kajian menunjukkan bahwa secara umum CSR memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan, meskipun terdapat perbedaan hasil pada beberapa penelitian yang disebabkan oleh faktor-faktor spesifik perusahaan. Kajian ini diharapkan menjadi referensi bagi penelitiam selanjutnya mengenai pengaruh CSR terhadap kinerja dan nilai perusahaan, khususnya di Indonesia.

References

Afifah, N., Astuti, S. W. W., & Irawan, D. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(3), 346–364. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i3.4644

Anisah, Septiawati, R., & Puspitasari, M. (2025). Pengaruh Green Accounting, CSR, Dan Inovasi Berkelanjutan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Energi Periode 2019-2023. JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), 10(1), 1–23.

Apriliani, N. A., Mulyati, & Asmawati. (2025). Pengaruh CSR, Struktur Modal, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Balance?: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 4(1), 108–120.

Ariadi, D., Husna, G. A., & Trisnaningsih, S. (2022). Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Nilai Perusahaan. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper (SENAPAN), 2(1), 56–72. https://doi.org/10.33005/senapan.v2i1.183

Atanti, D., & Trisnaningsih, S. (2024). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Sektor Energi Yang Terdaftar di BEI Tahun 2020-2022. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 08(02), 186–196.

Fadillah, M., Hizazi, & Wijaya, R. (2024). The Effect of Corporate Social Responsibility (CSR) on Company Value With Profitability As a Moderation (Empirical Study on Public Companies Participating in the Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) Listed on the Indonesia Stock Exchange for the . JURNAL AKUNTANSI DAN KEUANGAN UNIVERSITAS JAMBI, 9(4), 322–336. https://doi.org/10.22437/jaku.v9i4.40836

Hidayat, W. W., Yuniati, T., Prasetyo, E. T., & Husadha, C. (2021). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage dan CSR terhadap Nilai Perusahaan, Studi Kasus Perusahaan Jasa di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(1), 214. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i1.893

Indilla, F. I., & Yuliani, R. (2024). Pengaruh Pengungkapan Csr, Kebijakan Dividen, Kepemilikan Institusional, Leverage, Profitabilitas, Dan Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Revenue Jurnal Akuntansi, 5, 582–596.

Mustofa, A. W., & Trisnaningsih, S. (2022). Studi Literatur?: Urgensi Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Perusahaan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 809–819.

Nopriyanto, A. (2024). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.15575/jim.v5i2.37655

Nurfauziah, F. L., & Utami, C. K. (2021). Pengaruh Pengungkapan Csr Dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Industri Sub Sektor Tekstil Dan Garmen. Jurnal Akuntansi, 15(1), 42–70. https://doi.org/10.25170/jak.v15i1.1619

Pratama, A. P., & Serly, V. (2024). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 6(3), 1285–1301. https://doi.org/10.24036/jea.v6i3.1699

Puspasari, M. D., & Haryati, T. (2023). the Effect of Corporate Social Responsibility, Profitability, and Leverage on Firm Value With Firm Size As a Moderating Variable. International Journal of Economy, Education, and Entrepreneurship, 3(3), 814–829. https://doi.org/10.53067/ije3.v3i3

Puspita, G. (2023). Pengaruh GCG dan CSR Terhadap Nilai Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 11(1). https://doi.org/10.37641/jiakes.v11i1.1570

Putuhena, H., Fauzan, R., & Zalni. (2023). Kinerja Lingkungan, Pengungkaoab Corporate Social Responsibility (CSR) dan Dividend Payout Ratio Terhadap Nilai Perusahaan. Cita Ekonomika Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol. 18(1), 26–33. https://doi.org/10.51125/citaekonomika.v18i1.11625

Safira, F., & Widajantie, T. D. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Pengungkapan Csr Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2015-2019). E-Bisnis?: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 103–112. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v14i1.374

Sendani, N. L. G. A. S., & Sari, M. M. R. (2024). The Impact of CSR Disclosure on Firm Value: Moderating Roles of Profitability and Firm Size. E-Jurnal Akuntansi, 34(7), 1793–186. https://doi.org/10.24843/EJA.2024.v34.i07.p12

Trisnaningsih, S., & Sari, E. M. (2021). Good Corporate Governance Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper (SENAPAN), 1(2), 736–753. https://doi.org/10.33005/senapan.v1i2.159

Umardani, R., & Trisnaningsih, S. (2023). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Sektor Property Dan Real Estate. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 4020–4032. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Published

2025-07-30